Tutorial Membuat Profil di Linkedin - OTODIDAK27

Tutorial Membuat Profil di Linkedin

Membuat Profil Linkedin yang Enviable
Tutorial dasar OTODIDAK27 kali ini akan membahas tentang LinkedIn, khususnya tentang bagaimana cara membuat akun di LinkedIn.

Secara sederhana, LinkedIn ini kurang lebih adalah social media seperti (Facebook) yang secara khusus diperuntukkan untuk profesional.

Guna dari website ini adalah untuk mempertemukan seorang ahli atau profesional (contoh: arsitek atau kontraktor atau dokter atau profesional di bidang apapun) dengan profesional lain atau pebisnis lain.


Berikut 5 tips utama untuk membuat profil LinkedIn yang patut ditiru atau Enviable :

1. Sempurnakan gambar profil

Ini adalah hal pertama yang dilihat semua orang ketika mereka membuka profil. Foto yang diambil dengan kamera berkualitas bagus sangat penting. Yang terbaik adalah mengambil foto dalam pengaturan yang terkait dengan kehidupan teman teman.

2. Media yang disebutkan

Dokumentasikan pengalaman dengan menambahkan video, artikel, dan tautan ke salah satu pencapaian besar. Sangat bagus untuk memberikan bukti visual dari pekerjaan di masa lalu, tetapi juga menambah warna dan kehidupan ke profil Anda alih-alih sejumlah besar teks.

3. Manfaatkan headline sebaik-baiknya

Judul yang kalian tulis adalah teks yang berada di bawah nama anda di halaman profil Linkedin. Sadarilah Linkedin akan menambahkan judul pekerjaan kalian saat ini di sini secara default jika kalian tidak mengedit diri anda. Perluas judul pekerjaanmu dan usahakan agar hanya 10 kata atau kurang.

4. Ringkasan yang menonjol

Lengkapi bagian ringkasan profil dengan elevator elevator. Dukunglah ini dengan bukti keberhasilan, seperti daftar penghargaan atau bukti kuantitatif pencapaian Anda. Jika Anda ingin profil Anda dapat dicari oleh perekrut atau agar klien dapat menemukan Anda, pastikan Anda menggunakan kata kunci tentang keahlian dan spesialisasi Anda.

5. Dorong rekomendasi

Bantu melegitimasi profil dengan mendapatkan rekomendasi dari manajer, kolega, atau klien sebelumnya. Ini cenderung mempercepat proses jika Anda menulis rekomendasi untuk mereka terlebih dahulu.

Membangun reputasi melalui media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari manusia saat ini. Salah satunya, LinkedIn yang berguna untuk menjaring pertemanan sesama profesional.

Salah satu cara untuk membangun koneksi adalah turut aktif berkomentar atau membagi artikel yang dibuat pengguna lain. Apa yang Anda komentari dan bagikan akan menunjukkan topik apa yang Anda gemari. Semakin aktif Anda maka peluang untuk dilihat sesama profesional dibidang yang sama akan semakin besar.

Tutorial Menulis Artikel di LinkedIn :

1. Tentukan Topik atau Tema

Menentukan tema atau topik tertentu adalah langkah paling penting yang harus dilakukan pertama kali. Usahakan apa yang hendak ditulis sesuai dengan jalan karir impian dan personalitas Anda. Jangan membuat sesuatu yang tidak Anda kuasai materinya karena bisa menjadi bumerang dikemudian hari.

2. Persiapkan Tulisan dari Jauh Hari

Menulis memang mudah tetapi menghasilkan yang terbaik adalah tantangannya. Menulis tidak sekedar menulis saja namun juga bagaimana Anda dapat meraih simpati dari pembaca.

Untuk itu persiapkan dengan matang mengenai materi yang ingin ditulis. Bila perlu, tulislah di file word lalu berikan kepada teman terdekat agar di proof reading sehingga mendapat banyak masukan. Sunting hal yang memang menurut Anda perlu ditambah atau dikurangi.

3. Masuk ke LinkedIn

Anda tentu harus memiliki Akun LinkedIn untuk menggunakan fitur ini dan bila sudah memilikinya silahkan masuk melalui laman www.linkedin.com dan ketikkan email serta kata sandi Anda.

4. Berbagi Tautan dan Pendapat di LinkedIn

LinkedIn menyediakan dua bentuk penulisan bagi penggunanya. Pertama, bila hanya ingin sekedar berbagi tautan, foto ataupun video dan memberikan komentar Anda langsung dapat berbagi di kotak yang berfungsi menulis artikel pada laman ‘Home’.

5. Atur Postingan

Sebelum mempublikasikan, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat postingan tersebut, dengan klik ‘Post Settings’, tersedia tiga pilihan:

Public, pilihan ini membuat artikel buatan Anda dapat dilihat oleh umum, terlepas dari mereka memiliki akun LinkedIn atau tidak
Public + Twitter, pilihan ini membuat artikel Anda tidak hanya dapat dilihat oleh umum namun juga secara otomatis dibagikan ke twitter yang terhubung dengan LinkedIn Anda.
Connections, pilihan ini membuat artikel Anda hanya dapat dilihat oleh pengguna LinkedIn yang terhubung dengan Anda.
Anda juga dapat mengatur apakah pengguna lain dapat memberikan komentar atau tidak dengan memberikan centang di pilihan ‘Allow Comments on This Post’.

6. Publiskan Tulisan

Bila sudah yakin tulisan telah tersusun rapih dan tidak ada yang typo, terbitkan artikel Anda dengan klik ‘Post’.

7. Membuat Artikel Panjang

Untuk membuat artikel panjang maka pada laman kotak yang berfungsi berbagi ide silahkan klik ‘Write an Article’ maka tab baru muncul dan menggiring Anda ke laman penyuntingan.

Bagi Anda yang sudah fasih menggunakan blog maka tidak asing dengan fitur ini. Anda dapat menulis artikel selayaknya menulis di microsoft word saja. Bahkan menariknya dapat membuat persentasi juga.

Berikut ini beberapa fitur yang dapat digunakan:
Anda dapat mengkostumisasi tulisan dengan fitur bold, italic dan underline. Juga membubuhkan point dalam format number dan bullets.
Klik tombol ‘+’ di bawah ‘Headline’ dan akan tersajikan pilihan menambah gambar, video, slides, tautan dan snippet di artikel.
Klik ‘Publish’ jika Anda telah yakin artikel yang dibuat telah sempurna.

Nah, itu dia cara untuk membuat artikel di LinkedIn. Jangan untuk untuk membagikan hasil tulisan Anda di media sosial lainnya!

0 Response to "Tutorial Membuat Profil di Linkedin"

Post a Comment

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Ensikology All Rights Reserved
Powered by Blogger